Minggu, 05 Oktober 2014

Stoberi dan Manfaatnya


Buah stroberi banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan makanan seperti selai, es krim, jeli, permen, sirup, dan bahkan obat-obatan. Buah stroberi juga enak jika dikonsumsi langsung. Sama seperti buah lainnya yang berwarna cerah, stroberi juga kaya akan anti-oksidan. Buah stroberi mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan dan bahkan dinilai efisien dalam mencegah berbagai penyakit.



1.    Manjaga kesehatan mata
Stoberi mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk menangkal radikal sinar UV yang dapat merusak mata. Stoberi ini bermanfaat  untuk menjaga kesehatan dari gangguan mata yang sering timbul seperti radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu.

2.    Menjaga sistem pencernaan
Stoberi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Stoberi mengandung serat yang sangat tinggi namun rendah kalori. Serat yang terkandung pada stoberi dapat menurunkan kadar gula darah yang terdapat pada tubuh penderita diabetes.

3.    Anti kanker
Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya virus –virus yang menyebabkan timbulnya sel – sel kanker pada tubuh manusia.

4.    Menjaga sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat pada stoberi sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh kita dari virus –virus yang menyerang tubuh kita. Selain itu stoberi juga efektif untuk menurunkan kadar tekanan darah pada tubuh kita.

5.    Menjaga kesehatan tulang
Stoberi mengandung vitamin K, kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang kita. Di usia tertentu ada saat tulang kita mulai berkurang kekuatannya, dengan rutin mengonsumsi stoberi, ini dapat membantu memperkuat tulang kita.

6.    Menjaga kesehatan jantung
Stoberi juga mengandung Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stoberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

7.    Menjaga fungsi otak
Selain menjaga kesehatan jantung, stoberi juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak itu. Karena kandungan vitamin C dan fitokimia yang sangat besar, zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem fungsi otak kita. Dengan seiring berjalannya waktu, maka usia kita akan bertambah, sistem fungsi otak pun mulai menurun, untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi buah stoberi sedari sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar