Minggu, 05 Oktober 2014

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Kali ini saya akan membahas tentang macam- macam makanan yang sehat untuk kesehatan mata, tentunya makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat yang diperlukan untuk kesehatan mata kita. Ada beberapa penyakit mata yang timbul karena kurangnya suplai vitamin untuk mata kita, agar kita bisa terhindar dari penyakit dan gangguan mata tersebut, kita harus pintar dalam memilih dan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata kita. Sekarang saya akan membahas apa saja makanan yang baik untuk kita konsumsi. Mari kita simak artikel berikut ini

1.    Wortel
Pasti kalian sangat kenal akan sayuran ini. Wortel adalah sayuran yang kaya akan beta karoten dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kita. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Jangan ragu untuk mengonsumsi wortel setiap hari, karena menyehatkan mata kita
2.    Kol dan brokoli
Ini juga termasuk salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Brokoli dan klo mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini dibutuhkan untuk melindungi mata kita dari sinar radiasi UV. Tidak hanya itu kol dan brokoli juga berguna untuk menurunkan resiko  terkena penyakit katarak.

3.    Cokelat hitam
Ini salah satu makanan yang di sukai banyak orang, namun jangan salah coklat yang dimaksud disini adalah dark chocolate atau coklat hitam. Coklat hitam ini bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan mata kita, hal ini karena coklat hitam mengandung  zat flavonoid yang berguna untuk ketajaman penglihatan mata kita.

4.    Tomat
Ini salah satu buah dan sayuran yang sering digunakan merawat kesehatan kulit. Namun tidak hanya itu, ternyata tomat juga bermanfaat untuk kesehatan mata kita, karena tomat kaya akan vitamin A dan C.

5.    Bawang Putih
Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu bawang putih juga terbukti bisa meningkatkan perkembangan sel – sel optik kita sehingga mata kita akan terjaga kesehatannya.

6.    Alpukat
Buah alpukat adalah buah yang banyaj mengandung zat lutein paling banyak dibandingkan buah lainnya. Ini berguna untuk kesehatan mata kita yaitu mencegah terjadinya penyakit katarak.



7.    Bayam
Sayuran ini mengandung zat lutein dan vitamin C. Zat ini berfungsi juga untuk menambah energi dan mencegah terjadinya penyakit mata glaukoma.

8.    Telur
Telur adalah makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin D, zinc, vitamin A,  dan cysteine. Zat – zat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit katarak. Dan merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan mata kita.

9.    Ikan salmon
Makanan ini pasti sudah tidak asing buat kalian. Ikan salmon mengandung omega 3 yang berguna untuk kesehatan mata, sehingga jika dikonsumsi sesering mungkin, dapat mencegah terjadinya penyakit mata.

10.    Biji bunga matahari
Biji bunga matahari atau kuaci mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar