Minggu, 05 Oktober 2014

Jenis – Jenis Tanaman Obat Tradisional


Indonesia adalah negara agraris yang menghasilkan banyak tanaman yang bermanfaat untuk manusia. Salah satunya adalah tanaman obat tradisional. Tanaman ini sering dipakai sejak dahulu sebelum adanya obat- obatan kimia. Dan tanaman obat tradisional ini lebih aman bagi si pasien di bandingkan dengan obat- obatan kimia. Nah, mari simak beberap jenis tanaman yang digunakan untuk obat- obatan tradisional ini.



1.    Jarak
Biasa disebut kaliki di Jawa Barat atau Dulang di Sumatra. Salah satu kegunaan jarak adalah yang terdapat pada akarnya, tanaman ini berfungsi untuk mengobati rematik. Bijinya yang terasa manis dapat digunakan untuk obat kanker rahim, hernia, tbc dan lain- lain. Namun anda juga harus berhati –hati dalam mengonsumsi biji jarak, karena jika berlebihan, malah akan menimbulkan keracunan seperti sakit kepala, muntah, panas dan lain-lain.

2.    Daun dewa
Tanaman ini berguna untuk obat penyakit stroke, hal ini dikarenakan daun dewa banyak mengandung minyak atsiri yang baik untuk kesehatan, selain itu daun dewa juga bisa digunakan untuk menurunkan darah tinggi.

3.    Temulawak
Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Ttemulawak juga  mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.

4.    Belimbing
Belimbing adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan kita, dan bisa digunakan sebagai obat tradisional. Belimbing mengandung vitamin A, B dan C untuk kesehatan tubuh kita, belimbing juga dapat menjadi obat penurun darah tinggi dan kolesterol.

5.    Lidah buaya
Lidah buaya telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai obat kanker. Jika kita sering mengonsumsi lidah buaya, ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

6.    Mengkudu
Tahukah anda? Ternyata mengkudu bisa menjadi obat jantung koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

7.    Seledri
Mungkin tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium dan zat- zat lainnya.
Contohnya seledri bisa dipakai sebagai obat asam urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar