Minggu, 05 Oktober 2014

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan


Tahukah anda tumbuhan yang bernama daun sirih? Yap ini adalah tumbuhan yang sering dipakai sebagai obat untuk kesehata kita sehari-hari. Daun sirih terbagi ke dalam dua macam jenis yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau. Keduanya sama- sama memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk kesehatan.

Daun sirih hijau banyak di temukan merambat di pepohonan atau tanaman di daerah pedesaan yang masih segar udaranya, daun sirih hijau lebih sering digunakan untuk obat herbal daripada daun sirih merah. Sedankan daun sirih merah banyak di temukan di hutan atau daerah – daerah yang tidak terlalu lebat. Daun sirih merah lebih banyak digunakan untuk tanaman hias namun tidak jarang banyak yang menggunakannya juga untuk obat herbal seperti daun sirih hijau.

Berikut ini manfaat dari daun sirih merah yaitu :


Daun sirih merah dapat digunakan sebagai antiseptik, namun selain bermanfaat untuk antisptic, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes , caranya dengan merebus daun sirih merah, lalu airnya diminum. Rebusan air sirih daun merah bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh penderita diabetes.

Selain itu daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena daun sirih merah ini juga memiliki antiseptik. Caranya rebus daun sirih ke dalam air, dan gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membilas organ kewanitaan.
Daun sirih merah juga berguna untuk menghilangkan bau badan , dengan merebus daun sirih tersebut dan air rebusannya ditambahkan gula lalu di minum. Khasiatnya berfungsi untuk mengurangi bau badan.

Dan daun sirih merah bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya dengan mengunyah daun sirih tersebut atau merebusnya dan gunakan air rebusannya untuk berkumur- kumur.

Selain daun sirih merah, daun sirih hijau lebih memiliki banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan kita , diantaranya untuk :


1.    Cairan yang terdapat pada daun sirih hijau dapat digunakan untuk membasmi hama.
2.    Daun sirih hijau dapat mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
3.    Daun sirih hijau digunakan untuk mengurangi keputihan
4.    Daun sirih hijau bermanfaat untuk mereka yang sariawan, dengan cara berkumur dengan air rebusan daun sirih hijau
5.    Daun sirih hijau juga bisa mengatasi bau mulut, caranya seperti di atas
6.    Daun sirih hijau bisa mengobati penyakit demam berdarah
7.    Daun sirih hijau bermanfaat untuk mengatasi haid yang tidak teratur
8.    Bermanfaat juga untuk mengobati penyakit asma
9.    Bisa juga untuk radang tenggorokan
10.    Dapat juga mengobati luka bakar
Dan masih banyaaakk manfaat lainnya. Itulah beberapa manfaat dari daun sirih merah dan hijau, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar