Minggu, 05 Oktober 2014

Berbagai Macam Manfaat Madu


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya madu, yap madu adalah salah satu makanan yang bermanfaat dan memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Awalnya manusia memanfaatkan madu hanya untuk sebagai pemanis untuk makanan atau minuman, namu kini seiring berkembangnya zaman, manusia lebih banyak menemukan manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan kita


1.    Madu sebagai sumber energi
Madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Madu ini juga sering dikonsumsi oleh para olahragawan, karena mereka banyak mengeluarkan keringat dan energi yang banyak, maka dengan mengonsumsi madu, energi mereka akan pulih kembali, hal ini sudah terbukti di kalangan mereka.

2.    Madu itu seefektif glukosa
Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Sementara itu, Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan.

3.    Madu digunakan untuk penyembuhan luka
Nah, madu juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka yang kita alami. Seperti contohnya luka dari benda tajam, atau luka karena terkena api atau sinar matahari lebih yang membuat luka bakar pada kulit kita, dengan mengoleskannya madu, maka kulit kita akan cepat sembuh dari luka tersebut

4.    Madu untuk membunuh kuman
Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Dengan adanya kandungan zat antibiotik, madu dapat membunuh kuman –kuman yang menyerang tubuh kita.

5.    Madu untuk terapi pengobatan
Madu juga sudah lama dikenal untuk terapi pengobatan tradisional, banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan madu. Hal ini sangat efektif untuk di coba, karena madu bersifat alami, jadi penggunaannya pun tidak membahayakan.

Dan masih banyak lagi manfaat madu lainnya untuk kesehatan kita, hal- hal di atas, hanya sebagian yang saya sebutkan. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda sekalian, dan anda dapat mencobanya untuk membuktikan khasiat madu itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar